Diberdayakan oleh Blogger.

Malware Internet dan PC

>> Kamis, 05 Januari 2012

Perkembangan threat dan keamanan dunia maya akan menghadapai tantangan dan kondisi yang semakin rumit memasuki 2012, di sisi lain tumbuhnya kesadaran terhadap aspek tersebut sangat membantu menekan tingkat eskalasi serangan malware.
Beberapa prediksi yang perlu menjadi catatan di tahun 2012:
  • Data statistik global yang dilansir Gartner menunjukkan, penggunaan OS Windows 7 pada komputer di dunia meningkat seiring berakhirnya tahun 2011 dengan share sebesar 42%, menggantikan posisi Windows XP di peringkat atas. Kondisi tersebut akan merubah peta ancaman yang dikembangkan oleh pelaku kejahatan dunia maya. Di tahun 2012 diperkirakan akan ada perubahan signifikan dalam pengembangan malware menyangkut target serangan yang bergeser ke OS “baru” yaitu  Windows 7 dan Windows 8, dengan melakukan by pass pada mekanisme keamanan.
  • Konsekuensi lain dari perubahan dari Windows XP ke Windows 7 penurunan tingkat infeksi Conficker. Worm yang muncul sejak November 2009 dan menjadi worm yang melegenda, sekaligus paling banyak ditemukan ditiga tahun terakhir
  • Semakin maraknya serangan internet dengan latar belakang ideologi. Serangkaian serangan tersebut terjadi di beberapa bagian dunia, pada 2012 diperkirakan akan mengalami peningkatan dan meluas pada bagian dunia lain. Oleh sebab itu baik institusi maupun perusahaan sangat dihimbau untuk melengkapi system komputernya dengan kelengkapan keamanan, untuk mencegah serangan-serangan dari kelompok tertentu seperti  Anonymous atau semacamnya.
Pada PC, konfigurasi manual dan patch bisa dilakukan dalam hitungan hari sehingga threat bisa ditangani secara lebih cepat dan mudah. Sementara pada perangkat komunikasi mobile – smartphone butuh waktu lebih lama. Sehingga ketiadaan patch dan update tersebut membuat perangkat komunikasi mobile menjadi rentan terhadap ancaman dan penanganan threatnya jauh lebih sulit.
Bisa disimpulkan bahwa hingga saat ini dunia internet dan komunikasi mobile yang menghilangkan batas-batas, perangkat digital dan platform digital juga ikut memicu munculnya malicious code yang semakin beragam. Perangkat-perangkat pintar tersebut juga mendorong munculnya perubahan pola perilaku pengguna, sekaligus sasaran baru. Tidak hanya karena didalamnya tersimpan data penting dan rahasia tetapi lebih karena mobilitas perangkat komunikasi smartphone, dapat digunakan untuk mengakses system yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui PC. Kini, informasi yang dicuri dengan menggunakan smartphone tidak hanya data akses ke daftar kontak, tetapi juga ke file-file rahasia, gambar, dan passwords untuk sistem yang sensitif.
Inilah yang kemudian membuka peluang bagi munculnya vektor serangan dan modus-modus baru, dimana platform pada perangkat komunikasi mobile mengalami peningkatan signifikan, tapi di sisi lain kondisi tersebut tidak menurunkan tingkat ancaman pada komputer desktop.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP