Diberdayakan oleh Blogger.

Libre Office3

>> Selasa, 10 Januari 2012

Program Office merupakan program utama bagi pengguna komputer. Tanpa program tersebut, komputer seperti barang 'sampah'. Ada dan tidaknya komputer sama saja, tidak bisa dimanfaatkan. Ini hanya opini saja, walaupun tentu saja masih banyak kegunaan komputer tanpa mengandalkan program office. Semisal untuk edit video, olah gambar, dan lain-lain seperti pajangan. Office sangat berguna bagi keperluan sehari-hari, terutama untuk kebutuhan kantor.

Kamu yang sudah pernah mencoba menggunakan Ubuntu pasti terbiasa dengan aplikasi office dari OpenOffice.org. Namun semenjak Ubuntu 11.10, OpenOffice sudah tidak disertakan lagi. Sebagai gantinya, hadir aplikasi serupa, yaitu LibreOffice yang merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.org yang tahun lalu diakuisisi Oracle.

LibreOffice hadir dalam satu paket aplikasi office yang terdiri dari 6 aplikasi terpisah. Di antaranya adalah Writer untuk menyunting dokumen (mirip Microsoft Word), Calc sebagai aplikasi lembar kerja (layaknya Excel), dan Impress yang dapat kamu gunakan untuk keperluan presentasi seperti halnya PowerPoint—hebatnya, aplikasi ini bisa diekspor ke format SWF sehingga bisa digunakan sebagai file animasi berbasis Adobe Flash. Base dibuat untuk menggantikan fungsi Access-nya Microsoft. Draw dibuat seperti Visio dan bisa dibandingkan dengan CorelDraw versi awal. Sedangkan Math berguna untuk membuat dan menyunting formula matematika menggunakan format XML.
Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah dukungan terhadap format ODF (Open Document File). Kamu juga bisa meng-ekspor-nya dari ODF ke format XML. Menyimpan  dokumen ke format PDF pun bisa dilakukan dengan mudah. Pun ia mendukung format dari Microsoft Office versi terbaru, yaitu docx.


Dari segi kegunaan LibreOffice dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

(1) LibreOffice Writer; digunakan untuk program pengolah kata seperti halnya OpenOffice Document Writer. Atau jika di Windows sama dengan Microsoft Office Word.

(2) LibreOffice Calc; adalah program pengolah angka merupakan program yang digunakan untuk kepentingan pengolahan angka. Program ini seperti halnya OpenOffice Calc. Atau jika di Windows sama dengan Microsoft Office Excel.

(3) LibreOffice Impress; adalah program untuk persentasi merupakan program yang berguna untuk pembuatan presentasi. Program ini sama halnya OpenOffice Impress.

(4) LibreOffice Draw; merupakan program untuk mengolah gambar seperti halnya OpenOffice Draw.

(5) LibreOffice Math; merupakan program untuk membuat rumus. Jika di OpenOffice namanya OpenOffice Math. Jika di Windows fitur ini sudah termasuk dalam tools yang tersedia untuk Microsoft Word bernama Equation.

(6) LibreOffice Base; merupakan program untuk mengolah database. Di OpenOffice namanya OpenOffice Base. Sedangkan di Windows namanya Microsoft Office Access. Di Ubuntu 11.04, aplikasi ini tidak terinstall secara langsung, untuk menginstallnya bisa dilakukan dengan mengunduhnya.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP