Diberdayakan oleh Blogger.

dampak positif dan negatif perkembangan komputer

>> Jumat, 06 Januari 2012

Di Era Globalisasi saat ini, komputer sudah bukanlah termasuk barang mewah. Bahkan komputer telah banyak diajarkan pada anak-anak usia dini. Kita dapt menemukan komputer di banyak tempat seperti di kantor-kantor, di rumah-rumah, di toko-toko, di sekolah-sekolah, bahkan di jalan pun kita dapat melihat orang-orang membawa komputer mini atau notebook.
Bukan hal yang aneh lagi jika kita melihat seseorang memiliki rasa ketergantungan pada komputer

DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN KOMPUTER
Pada bagian ini kami akan menguraikan apa saja dampak positif atau dampak yang baik dari perkembangan komputer. Baik itu dari segi teknologi ataupun komputer itu sendiri.
Banyak sekali yang dapat kita manfaatkan dengan adanya komputer, seiring dengan perkembangannya komputer terus-menerus memberikan mafaatnya bagi keidupan, antara lain :
1. Komputer Sebagai Sarana Manajemen
Komputer snagat berguna bagi kehidupan. Bagi beberapa orang komputer dapat digunakan untuk mengatur kehidupan mereka. Contohnya bagi orang kantoran, komputer sangat dibutuhkan untuk mengatur tugas dan data-data mereka serta memanage waktu mereka. Bagi toko-toko dan rumah tangga, komputer sangat membantu dalm hal memanage pengeluaran dan pemasukan mereka. Sehingga semuanya dapat termanage dengan baik dan rapi. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi para pengguna komputer.
2. Komputer Sebagai Media Komunikasi
Komputer sangat berguna sebagai media komunikasi. Dengan komputer para pengguna dapat mengakses berita secara on-line melaui media internet dari situs-situs yang tersedia. Para pengguna komputer juga dapat menggunakan media chatting melaui internet agar dapat berkomunikasi satu sama lain baik dengan tulisan maupun lisan secara langsung dengan visual yang tersedia ke berbagai pelosok dunia. Para pengguna jaga dapat memanfaatkan komputer sebagai sarana berkirim e-mail ( elektronik mail ) ke pengguna lain dimana pun berada untuk saling bertukar informasi. Dari sini terlihat jelas manfaat komputer sbagai media komunikasi.
3. Komputer Sebagai Media Informasi
Disini komputer berperan sebagai media lahan informasi yang didapatkan melaui internet. Para pengguna dapat berbisnis,berdagang,promosi, dan bertransaksi cukup dengan menggunakan komputer tanpa bertatap muka. Bagi pelajar dan mahasiswa komputer sebagai sarana penunjang belajar serta mencari bahan belajar melalui internet. Begitu juga bagi para pengajar dan pendidik, komputer sangat berperan untuk meningkatkan kualitas guna mengetahui kemajuan bahan yang akan diajarkan dan refrensi lainnya.
4. Komputer sebagai Sarana Hiburan
Disisi lain komputer juga bermanfaat sebagi sarana hiburan. Para pengguna bisa menonton tv, memutar musik dan film serta memainkan aplikasi permainan yang tersedia sebagai hiburan. Selain itu komputer juga merupakan srana menyalurkan hobi para pengguna dengan tersedianya berbagai aplikasi software untuk menyalurkannya. Contohnya mengedit gambar atau film, membuat gambar atau film, menulis cerita atau novel dan lain sebagainya yang tenyunya juga dapat mengembangkan bakat para penggunanya.
5. Komputer Sebagai Media Lapangan Kerja
Hal ini terbukti dengan banyaknya kantor dan perusahaan yang mencari karyawan yang mahir menggunakan komputer. Seiring berkembangnya zaman, maka semakin dibutuhkannya seseorang yang mahir dengan teknologi, diantaranya teknologi komputer. Begitu juga bagi para programmer yabg terus membuat berbagai aplikasi dan sofware untuk komputer seiring dengan perkembangannya. Jadi jelas, selain sebagai Media lapangan kerja komputer juga bisa sebagai sumber penghasilan bagi penggunanya.



DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN KOMPUTER
Pada bagian ini kami akan menguraikan dampak negatif atau dampak yang buruk dari perkembangan komputer. Baik itu dari segi teknologi ataupun komputer itu sendiri.
Selain memberikan banyak manfaat, patut disadari bahwa komputer jga memberikan beberapa dampak yang buruk yang harus diantisipasi yang tentunya kita semua tidak ingin merasakannya.. Namun hal ini tadak dapat dipungkiri karena komputer tetaplah sebuah mesin yang merupakan buatan manusia itu sendiri.
Beberapa dampak negatif dari perkembangan komputer bagi kehidupan antara lain :
1. Dampak Bagi Kesehatan
Tenyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefesien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan kenyamanan dan kesehatan sang pemakai. Beberapa gangguan kesehatan yang sering terjadi antara lain :
- Gangguan Tulang Belakang

- Kelelahan Pada Mata
- Sakit Kepala


Dampak Bagi Lingkungan
Selain pada kesehatan, komputer juga kadang memberikan dampak buruk pada lingkungan. Hal yang dimaksud disini adalah, karena tidak disadarinya oleh para pengguna, sehingga seringkali adanya Pemborosan Energi Listrik yang terjadi. Selain pemakaian yang tanpa memikirkan waktu, yang sering terjadi adalah dinyalakannya komputer dalam posisi aktif tanpa pemakaian oleh pengguna. Hal ini tentu saja mengaikbatkan adanya pemborosan energi listrik. Jadi, sebaiknya para pengguna lebih memperhatikan pemakain komputer agar tidak terjadinya pemborosan energi. Semakin hemat kta, maka semakin kayalah kita.



Dan yang terakhir seiring dengan perkembangan komputer, dampak negatif lainnya adalah turut berkembangnya virus yang terus menyerang komponen sistem komputer. Sehingga hal ini terus menjadi perhatian para produsen sistem komputer. Namun disisi lain memiliki dmapak positif bagi pembuat virus , karena sebagi lahan penyaluran hobi dan bakat juga menghasilkan uang dengan menciptakan anti virus itu sendiri.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP